Mudik Lebaran

Diserbu Pengunjung, Pemilik Sate Klatak Jogja Sehari Potong 20 Ekor Kambing Muda

Sate klatak merupakan hidangan sate kambing yang berbeda dengan sate pada umumnya karena menggunakan tusukan besi sebagai konduktor penghangat.

Editor: Ichwan Chasani
Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
Sate klatak, jenis sate kambing yang menggunakan tusukan besi sebagai konduktor penghangat. Pemilik usaha Sate Klatak Joss di Jalan Imogiri Barat KM 7,3 Sewon, Bantul, Yogyakarta bisa memotong 20 kambing muda dalam sehari karena warung makan itu diserbu pengunjung di momen Lebaran tahun ini. 

TRIBUNBEKASI.COM, YOGYAKARTA — Bagi pemburu kuliner, utamanya warga Yogyakarta yang tinggal di wilayah Kabupaten Bantul, pasti sudah tak asing lagi dengan kuliner sate klatak.

Sate klatak merupakan hidangan sate kambing yang berbeda dengan sate pada umumnya. Karena, sate klatak menggunakan tusukan besi sebagai konduktor penghangat.

Salah satu kuliner sate yang bisa menjadi pilihan pemudik maupun wisatawan yakni Sate Klatak Joss di Jalan Imogiri Barat KM 7,3 Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Tim Liputan Mudik 2022 Tribunnews, berkesempatan mencicipi hidangan khas Jogja ini, Senin (2/5/2022).

Saat toba di lokasi, aroma bakaran dari tungku arang tercium sangat harum. Deretan mobil berplat Yogyakarta hingga Jabodetabek tampak terparkir di halaman depan warung makan itu.

Baca juga: Berkah Lebaran, Wanita Pedagang Kopi di Pelabuhan Merak Ini Bersyukur bisa Beli Baju dan Bayar Zakat

Deretan daging kambing juga dipajang di balik etalase kaca. Sejumlah karyawan tengah sibuk memotong daging kambing itu hingga membakar sate.

Aroma bakaran daging kambing membuat selera makan meningkat.

Pengunjung menikmati hidangan di warung makan Sate Klatak Joss di Jalan Imogiri Barat KM 7,3 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Pengunjung menikmati hidangan di warung makan Sate Klatak Joss di Jalan Imogiri Barat KM 7,3 Sewon, Bantul, Yogyakarta. (Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda)

Sejumlah keluarga tampak tengah menikmati sate klatak di dalam bangunan berbentuk Joglo khas Jogja. Raut bahagia juga terpancar jadi para pengunjung yang singgah di situ.

Sate Klatak Joss memiliki keunikan sendiri saat dihidangkan dengan kuah kari yang segar dan lezat. 

Daging yang dibakar pun terbilang empuk dan juicy sehingga pengunjung sangat menikmatinya.

Baca juga: Misnawan, Kru Kapal Laut yang Rela Jadi Bang Toyib Tiap Lebaran Demi Antarkan Pemudik

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved