Berita Jakarta

COC Jakarta E-Prix 2022 Tolak Permintaan Penggunaan Sirkuit Formula E untuk Street Race

Alasan penolakan itu, kata Ahmad Sahroni, karena sirkuit JIEC Ancol tersebut tidak dirancang untuk balapan kendaraan roda dua.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Ichwan Chasani
Tribunnews.com
Chairman Organizing Committee Jakarta E-Prix 2022, Ahmad Sahroni. 

TRIBUNBEKASI.COM — Chairman Organizing Committee Jakarta E-Prix 2022 Ahmad Sahroni menolak permintaan penggunaan sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara sebagai lokasi balap motor atau street race.

Permintaan Sirkuit JIEC Ancol sebagai lokasi balap motor itu diajukan Kapolda Metro Jaya Irjen Muhammad Fadil Imran beberapa waktu lalu.

Alasan penolakan itu, kata Ahmad Sahroni, karena sirkuit JIEC Ancol atau sirkuit Formula E Jakarta tersebut tidak dirancang untuk kendaraan roda dua.

“Kami apresiasi terhadap Kapolda yang ingin juga memberikan kesempatan kepada roda dua, tapi ini ada regulasi dari honologasi FIA (Federation Internationale de I’Automobile),” kata Ahmad Sahroni saat jumpa pers di Balai Kota DKI pada Jumat (24/6/2022) malam.

Ahmad Sahroni mengatakan, pembangunan sirkuit Formula E didesain memiliki beberapa tingkatan.

Baca juga: Miras Oplosan Maut Diproduksi dan Dijual di Rumah Kontrakan, Kapolres Minta Warga Laporkan

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini Stagnan, Masih Dibanderol Rp992.000 Per Gram, Simak Daftarnya

Untuk JIEC memiliki tingkatan tiga, yang artinya hanya diperuntukkan sebagai ajang balap mobil.

Dalam waktu dekat, kata dia, Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga akan menggelar kegiatan turnamen mobil di sana.

Namun demikian, Bendahara Umum Partai NasDem ini tak menjelaskan lebih rinci soal rencana balap mobil tersebut.

“Nanti ada kegiatan dengan IMI, tapi untuk roda dua kemungkinan tidak kami berikan fasilitasnya karena sudah ada penilaian dari FIA, bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat,” ujar Sahroni yang juga menjadi Sekjend IMI tersebut.

Seperti diketahui, Kapolda Metro Jaya Irjen Muhammad Fadil Imran mengungkapkan keinginannya untuk meminjam Sirkuit Formula E.

Baca juga: Iko Uwais Bakal Jalani Pemeriksaan Kasus Penganiayaan Hari Ini, Sudah Terima Surat Panggilan

Baca juga: Motif Holywings Promosi Miras untuk Nama Muhammad dan Maria, Demi Tarik Pengunjung di Outlet Sepi

Irjen Muhammad Fadil Imran menginginkan sirkuit tersebut dipergunakan sebagai lintasan balap jalanan atau street race berikutnya.

“Kami berencana menggelar street race secara kontinyu dan berkelanjutan sehingga bisa menjadi wadah bagi para pembalap liar untuk bisa menuangkan hobi mereka,” kata Fadil saat membuka Meikarta Street Race di Cikarang, Kabupaten Bekasi, dikutip dari Antara, Sabtu (18/6/2022).

Menurut Fadil, sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara bisa menjadi lokasi yang lebih nyaman bagi pembalap sehingga pihaknya berkeinginan untuk dapat menggelar ajang street race di lokasi itu.

“Di BSD ada lokasi, di Bekasi ada Meikarta, di Jakarta ada Ancol. Mudah-mudahan nanti mimpi saya yang di Ancol, yang kemarin Formula E bisa juga dipakai untuk street race,” ucapnya.

Baca juga: Promosi Miras Holywings Sebut Nama Muhammad dan Maria, Polisi Ungkap Peran 6 Tersangka

Baca juga: Geruduk Tiga Klub Malam Holywings, Pimpinan Wilayah GP Ansor: Semoga Pihak Manajemen Dapat Hidayah!

Fadil juga berencana menggelar kompetisi road race di sirkuit Formula E Jakarta, tidak hanya sebatas drag race yang selama ini dipertandingkan pada ajang street race seri satu hingga tiga.

“Mudah-mudahan Jakpro mendengarkan ini dan juga disetujui oleh pemerintah daerah provinsi. Ke depan Mas Rifat bersama IMI, tentunya bukan hanya drag race, tapi juga ada road race. Karena saya lihat lumayan itu kalau lintasan yang ada di Formula E kemarin bisa dipakai,” ujarnya. 

Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved