Berita Bekasi

Sejumlah Wilayah Mulai Berpartisipasi Meriahkan Lomba Kampung Bersih Makin Berani

Sejumlah wilayah mulai berpartisipasi mengikuti lomba yang bertujuan untuk mengurangi volume sampah di TPU Burangkeng.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Rangga Baskoro
Kegiatan bersih-bersih dalam rangka Lomba Kampung Bersih Makin Berani di Jalan Bosih Raya oleh Kecamatan Cibitung. 

TRIBUNBEKASI.COM, CIKARANG — Pemkab Bekasi saat ini tengah melakukan Lomba Kampung Bersih Makin Berani yang dimulai sejak Minggu (3/7/2022) hingga akhir Juli mendatang.

Sejumlah wilayah mulai berpartisipasi mengikuti lomba yang bertujuan untuk mengurangi volume sampah di TPA Burangkeng.

Seperti di Kecamatan Cibitung yang kegiatannya dipimpin langsung oleh Camat Cibitung Encun Sunarto di Jalan Bosih Raya.

Kegiatan bersih-bersih di wilayah tersebut melibatkan unsur masyarakat mulai dari tingkat RW hingga tingkat RT untuk bersama-sama melakukan pembersihan dan penataan lingkungan.

"Kami optimis karena Kecamatan Cibitung sudah mampu menekan pembuangan sampah ke TPA melalui pemberdayaan bank sampah. Kita juga sedang membangun TPS3R yang nantinya akan jauh lebih membantu lagi dalam pengelolaan sampah rumah tangga," ucap Encun saat dikonfirmasi, Selasa (5/7/2022).

Baca juga: Opsi Perluasan TPA Burangkeng, Pemkab Bekasi Berencana Relokasi Warga

Baca juga: Dani Ramdan Rencanakan PDAM Tirta Bhagasasi Gunakan Air Hujan Jadi Sumber Air Baku

Kegiatan bersih-bersih ini, kata Encun, akan dilakukan secara berkelanjutan dan bisa menjadi agenda rutin setiap RW untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

Kegiatan serupa juga dilakukan oleh Camat Sukawangi Parno Martono yang memimpin kegiatan bersih-bersih di Kampung Bulaktemu, Desa Sukabudi, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi.

Parno mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan Lomba Kampung Bersih ini, karena memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Bekasi, khususnya Kecamatan Sukawangi.

"Banyak manfaat yang kita dapat dari kegiatan bersih-bersih ini, seperti pentingnya belajar hidup sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga lingkungan," kata Parno.

Selain itu, untuk mengoptimalkan lomba kampung bersih ini, pihaknya telah menyiapkan petugas piket untuk memantau lokasi-lokasi yang sekiranya sering dijadikan tempat pembuangan sampah liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Usai Muncul Dugaan Penyelewengan Donasi, ACT Karawang Klaim Beraktivitas Normal

Baca juga: Dikabarkan Gagal Berangkat Haji Furoda, Askun Minta Bupati Cellica Ambil Hikmahnya

"Kita juga pasang baliho dilarang membuang sampah di lokasi TPS liar yang ada di tiap-tiap desa. Kami juga akan siapkan petugas pengawas untuk menindaklanjuti warga yang membuang sampah sembarangan, agar ada efek jera," ungkapnya.

Di Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, kegiatan bersih-berish dipimpin oleh Lurah Kebalen, Firman Arif yang menyatakan sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk mengikuti lomba tersebut.

"Mengenai lomba kampung bersih ini, kemarin sudah saya sampaikan kepada seluruh RW yang ada di Kelurahan Kebalen, yang jumlahnya kurang lebih ada 29 RW," katanya.

Menurutnya, semua RW di wilayahnya, sangat antusias dengan adanya kegiatan lomba kampung bersih ini, karena besar manfaatnya untuk kebersihan dan kesehatan lingkungan.

"Alhamdulillah dari tingkat RT dan RW, mereka sangat antusias dengan adanya lomba kampung bersih ini, karena manfaatnya juga akan dirasakan oleh seluruh warga," ujarnya.

Baca juga: Tiga Maling Motor dengan Modus Baru Dibekuk Polisi

Baca juga: Jenazah Bob Tutupoly Bakal Dimakamkan di TPU Tanah Kusir Kamis Lusa

Selain itu, Kelurahan Kebalen juga bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam program lingkungan hidup sebagai salah satu penilaian.

"Ya, ada di salah satu RW yang sudah kita jadikan Ikon yang kita gencarkan dengan program gerakan tanam bumi (Getap)," ungkapnya. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved