Berita Kriminal

Incar Motor Penghuni Kos di 65 TKP, Enam Pelaku Diringkus Polisi

Wakapolres Metro Bekasi AKBP Erick Fendriz menjelaskan komplotan itu melakukan kegiatan secara terstruktur. Setiap pelaku memiliki perannya tersendiri

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Rangga Baskoro
Rilis ungkap kasus pencurian di Mapolsek Cikarang Barat 

TRIBUNBEKASI.COM — Polres Metro Bekasi meringkus enam pelaku pencurian kendaraan bermotor yang beraksi puluhan kali di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi.

Wakapolres Metro Bekasi AKBP Erick Fendriz menjelaskan komplotan tersebut melakukan kegiatannya secara terstruktur. Setiap pelaku memiliki perannya masing-masing.

"Jadi ini mereka adalah jaringan pencurian kendaraan bermotor yang sudah melakukan kejahatan sebanyak 65 TKP di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi, jadi ini sangat meresahkan ya," tutur Erick saat rilis ungkap kasus di Mapolsek Cikarang Barat, Selasa (16/8/2022).

Ada pun motor yang mereka incar merupakan milik penghuni kosan dengan modus mencari informasi mengenai harga penyewaan dan lingkungan di sekitar lokasi.

Tersangka berinisial CA (22) dan UD (21) bertugas untuk mengambil motor saat tersangka AW (23), HS (21), EA (18) dan DD (26) berpura-pura bertanya kepada para penghuni kosan.

Baca juga: Kecelakaan Maut, Seorang Pengendara Sepeda Motor Tewas Usai Benturan dengan Truk

Baca juga: Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Jawa Barat II Telah Pidanakan 5 Wajib Pajak Nakal 

Baca juga: Total Harta dari 4.041 Peserta PPS di DJP Jawa Barat II Capai Rp. 5,56 Triliun

"Kemudian modus selanjutnya mereka ini bertanya kepada pura-pura ingin menyewa rumah kontrakan untuk tinggal. Lalu dua orang lainnya mencuri motor milik warga yang diletakkan di depan rumah menggunakan kunci letter T," ucapnya.

Cara tersebut terbukti efektif untuk mengalihkan perhatian para pemilik kosan. Keenam tersangka bahkan berhasil mencuri setidaknya dua motor setiap melakukan aksinya.

"Pengakuan tersangka, mereka maksimal bisa tiga motor dicuri dalam sekali operasi," tutur Erick.

Sebelum melakukan aksinya, keenam tersangka juga mengonsumsi narkoba berdasarkan hasil tes urine yang dilakukan kepolisian.

Keenam tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun kurungan penjara.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved