Berita Bekasi

Pemkab Bekasi Bakal Sumbang 30 Persen dari Total Anggaran Pilkada 2024 Senilai Rp 117,5 Miliar

Dana yang bersumber dari APBD tersebut nantinya akan dialokasikan pada tahun anggaran 2023 dan 2024.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
Pexels.com/Tara Winstead
ILUSTRASI PILKADA --- Pemerintah Kabupaten Bekasi akan menyumbang sebesar 30 persen dari total anggaran yang dibutuhkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

TRIBUNBEKASI.COM, CIKARANG --- Pemerintah Kabupaten Bekasi akan menyumbang sebesar 30 persen dari total anggaran yang dibutuhkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Diketahui berdasarkan kajian Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Pilkada 2024 Kabupaten Bekasi diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp 117,5 miliar yang telah tertuang dalam pembahasan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2023.

"Memang di dalam SK pengangkatan, saya diamanatkan untuk memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 dan menjadi prioritas, tapi mungkin anggaran yang kami alokasikan hanya sebesar 30 persen dari total anggaran Pilkada 2024," ucap Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat dikonfirmasi, Kamis (25/8/2022).

Dana yang bersumber dari APBD tersebut nantinya akan dialokasikan pada tahun anggaran 2023 dan 2024.

"Kan sudah ada ketentuannya, beberapa persen di 2023, berapa persen di 2024, nah itu yang akan kami penuhi," tuturnya.

Dani menambahkan sumber pendanaan penyelenggaraan Pilkada 2024 tak hanya berasal dari APBD saja, namun juga hibah dari KPU Jawa Barat.

Baca juga: Anggaran Pilkada 2024 Kabupaten Bekasi Diprediksi Melejit Naik Jadi Rp 45 Miliar, Ini Penyebabnya

Meski begitu, diketahui bahwa besaran hibah dari KPU Jawa Barat diperkirakan hanya sebesar Rp22,9 miliar saja.

Oleh sebab itu, pihaknya akan berdiskusi kembali dengan KPU Kabupaten Bekasi dan Jawa Barat untuk mengatasi masalah keterbatasan anggaran.

"Nanti kami pemkab akan berkoordinasi dengan Jabar, dan bagaimana kewajibannya sesuai dengan amanat Undang-undang. Namun demikian kami memang punya keterbatasan anggaran dari sektor lain, nanti bermusyawarah lah," katanya. 

BERITA VIDEO : DANI RAMDAN RESMI JADI PJ BUPATI BEKASI 


Anggaran pilkada Rp 117,5 miliar

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved