Berita Karawang

Pemkab Karawang Alokasikan Anggaran Rp 20 Miliar untuk Program Beasiswa Karawang Cerdas

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan pada tahun 2022 ini total penerima beasiswa Karawang Cerdas sebanyak 11.436 orang.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com
Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Pemerintah Kabupaten Karawang mengalokasikan anggaran untuk program beasiswa Karawang Cerdas sebesar Rp 20 miliar pada tahun 2022.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan pada tahun 2022 ini total penerima beasiswa Karawang Cerdas sebanyak 11.436 orang, mulai tingkat SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Adapun total alokasi anggaran Rp 20.000.000.000 miliar, rinciannya 9.621.000.000 untuk penerima baru penerima baru dan Rp 10.379.000.000 untuk penerima lanjutan.

"Walaupun hari ini pemerintah membebaskan semua SPP SD, SMP tanggungjawab pemerintah daerah kabupaten/kota, SMA/SMK Provinsi, kuliah Kementerian Pendidikan secara sekolah sudah diatasi pemerintah. Tapi kan kadang-kadang mereka ini ada sekolahnya jauh perlu transport perlu apa, jadi kami lakukan pendampingan diluar dana bos dan sebagainya," kata Cellica Nurrachadiana.

Menurutnya, pendidikan itu sangat penting bagi masyarakat sebagai bekal dewasa nanti. Dengan pendidikan ini yang akan merubah kehidupan keluarganya, bahkan menjadi pemimpin di daerah maupun Indonesia.

Baca juga: Lowongan Kerja Karawang: Perusahaan Penyedia SDM Butuh Collector/Remedial Officer

Baca juga: Massa Buruh Demo di Depan Kantor Pemkot Bekasi Sampaikan Sejumlah Tuntutan, Ini Isinya

"Dengan pendidikan mereka memiliki bekal keilmuan ketika dewasa nanti, nanti secara ekonomi berdaya artinya mereka bisa menghidupi keluargnya kemudian artinya mereka bisa berdikari terhadap dirinya sendiri," jelas dia.

Sub Koordinator Kelompok Subtansi Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Karawang, Ahmad Nurjaya menjelaskan, alokasi anggaran program Karawang Cerdas ditingkatkan dari tahun sebelumnya.

Pada tahun 2021, alokasi anggaran Karawang Cerdas sebesar Rp 16 miliar. Pada tahun 2022 ini sebesar Rp 20 miliar.

"Sesuai keinginan ibu bupati harus ada peningkatan program Kacer ini. Makanya untuk tahun ini total penerimanya bertambah banyak dibandingkan tahun lalu," katanya.

Baca juga: Sebanyak 698 Personel Gabungan Diturunkan Amankan Demo Buruh di Depan Pemkot Bekasi 

Baca juga: PPATK Temukan Aliran Dana Judi Online Hingga Rp155 Triliun, Begini Respons Polri

Baca juga: Harga Emas Batangan Antam di Bekasi Hari Rabu Ini Anjlok, Terendah Sejak 7 Bulan Lalu, Cek Daftarnya

Tahun ini total penerima program Kacet sebanyak 11.436 orang, penerima baru 3.207 dan penerima lanjutan 8.229.

"Untuk penerima baru rinciannya SMP jalur akademis 350 orang, SMA 1.574 dan perguruan tinggi 1.283," ungkapnya.

Adapun besaran uang yang diterima untuk SD, SMP, dan SMA sebesar Rp 1 juta per tahun dan Perguruan Tinggi Rp 6 juta per tahun.

"Bantuan program Kacer itu untuk menambah membantu dalam pembelian sepatu, perlengkapan sekolah ataupun biaya transportasi. Kalau perguruan tinggi itu untuk nambah uang kuliah tunggal (UKT)," katanya.

Ada 12 jalur pendaftaran Karawang Cerdas, jalur prestasi, jalur orangtua meninggal Covid-19, jalur masyarakat kurang mampu yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), jalur Paskibra, jalur hafiz quran, prestasi juara umum SMP negeri dan prestasi peserta Musabaqoh.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved