Berita Karawang

Pemkab Karawang Gelar Resepsi Pernikahan Masal 43 Pasangan Isbat Nikah

Total ada sekitar 400 pasangan yang difasilitasi sidang isbat nikah dan 43 diantaranya dilakukan resepsi secara massal di Lapangan Pemda Karawang.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menggelar resepsi pernikahan masal 43 pasangan isbat nikah di Plaza Pemda Karawang pada Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar resepsi pernikahan massal 43 pasangan isbat nikah di Plaza Pemda Karawang pada Kamis (15/9/2022).

Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mengatakan, pihaknya bersama Pengadilan Agama dan Kementerian Agama memfasilitas pasangan di Karawang yang sudah lama menikah akan tetapi belum disahkan secara negara.

Total ada sekitar 400 pasangan yang difasilitasi sidang isbat nikah dan 43 diantaranya dilakukan resepsi secara massal di Lapangan Pemda Karawang.

"Sebetulnya ingin mengangkat tema ke 389 tapi karena masyarakat banyak akhirnya sampai 400-an. Nah dari itu sebanyak 43 diisbatkan di sini kita fasilitasi resepsi pernikahannya juga," kata Aep.

Maka dari etika pernikahan warga sudah disahkan secara formal melalu sidang itsbat nikah, maka tentu saja akan dikeluarkan akta nikah atau buku nikah.

Baca juga: Cuaca Karawang Hari Ini Jumat 16 September 2022, Siang dan Sore Hujan, Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Baca juga: Pagelaran Wayang Kulit Dalang Ki Daryono Klelur Meriahkan Hari Jadi ke-389 Karawang

Untuk Pemkab Karawang membantu dalam urusan dokumen kependudukan pasangan tersebut.

"Selain sudah sah secara negara, ini juga akan memudahkan masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan seperti akta kelahiran anak, KTP, kartu keluarga, dan lain-lain," ucapnya.

Dia menambahkan, Pemkab Karawang berencana menganggarkan untuk memfasilitasi warga sidang isbat nikah.

Karena masih banyak masyarakat Karawang yang sudah menikah tapi belum sah secara negara.

"Itu komitmen ibu bupati akan menganggarkan di setiap kecamatan. Kita akan sidang isbat di kecamatan tidak hanya di ulang tahun saja. Nanti berkerjasama dengan Pengadilan Agama dan Kementerian Agama," tandasnya.

Baca juga: Cuaca Bekasi Jumat 16 September 2022, Siang Hingga Malam Hujan, Waspada Angin Kencang di Kabupaten

Baca juga: Jadwal Layanan SIM Keliling Karawang Jumat 16 September 2022, Simak Lokasi dan Persyaratannya

Sementara pasangan suamu istri Ahmad Muharom (23) dan Desi Ratnasari (24) mengatakan sudah menikah dua tahun dan di karunia satu orang anak.

Pasangan pengantin asal Desa Cikampek Pusaka, Kecamatan Cikampek itu mengaku ada informasi dari aparat desa setempat mengenai program sidang isbat nikah. Kemudian ia mendaftarkan diri pada bulan Februari dan baru dinikahkan secara negara pada Juni 2022.

"Saya langsung mendaftarkan dan alhamdulillah sekarang sah juga secara administrasi negara, " kata Desi.

Desi mengaku sangat bersyukur dengan adanya program nikah masal tersebut. "Saya sangat bersyukur karena sangat membantu kita, " katanya.  

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved