Breaking News:

Berita Komunitas

Kompetisi Ikan Cupang dan Pameran Ikan Hias Bakal Digelar di Trans Studio Mall

Ajang kontes yang klaim terbesar di Tanah Air ini, akan mengonteskan ribuan ikan cupang dan memamerkan lebih dari 4200 ekor ikan hias.

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Ichwan Chasani
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Jumpa pers secara virtual kegiatan kompetisi ikan cupang (Betta Fish) dan pameran ikan hias bertajuk 'Caf Betta Festival', yang berlangsung di Trans Studio Mall, Bandung, Jawa Barat, pada 13 -16 Januari 2022. 

TRIBUNBEKASI.COM — Kompetisi ikan cupang (betta fish) sekaligus pameran ikan hias bertajuk 'Caf Betta Festival', bakal digelar di Trans Studio Mall, Bandung, Jawa Barat, pada 13 -16 Januari 2022.

Kegiatan yang digagas PT Cahaya Anugrah Firdaus (CAF) dan klaim terbesar di Tanah Air ini, akan mengonteskan ribuan ikan cupang dan memamerkan lebih dari 4200 ekor ikan hias.

Zaenal Somantri, Event Director of CAF Betta Festival mengatakan bahwa gelaran dengan tema 'Pride of Local Culture' ini, terinspirasi dari manfaat ikan hias di Indonesia yang sangat berpengaruh pada perekonomian bangsa Indonesia.

Sebab, Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor ikan non-konsumsi atau ikan hias di dunia. 

Saat ini Indonesia masih berada pada peringkat ke-5 dunia sebagai negara pengekspor ikan hias terbesar.

Baca juga: Punya Nilai Ekonomis, KKP Dorong Pembudidayaan Ikan Gabus Haruan

Pada 2018 lalu saja, Indonesia mengekspor 257.862.207 ekor ikan hias dengan nilai +/- USD 314 juta.

Beberapa negara seperti Jepang, Singapura, Amerika Serikat, Tiongkok, dan Inggris menjadi negara tujuan ekspor utama. 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga masih berupaya mendorong produksi perikanan non-konsumsi asal Indonesia untuk memenuhi pasar ikan hias dunia dengan memfasilitasi para pembudidaya.

"Salah satu ikan hias yang menjadi andalan ekspor Indonesia adalah ikan cupang atau yang biasa disebut dengan Betta Fish," kata Zaenal saat jumpa pers virtual, Senin (10/1/2021).

Lebih lanjut Zaenal mengatakan bahwa di Indonesia, perkembangan penghobi ikan cupang sangat pesat sehingga memicu persaingan pasar yang ketat dan keberanekaragaman jenis ikan cupang. 

Baca juga: Pedagang Ikan Hias Sedih Pemerintah Pusat dan Daerah tak Perhatikan Nasib Mereka

Halaman
123
Sumber: Wartakota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved