Berita Bekasi

Kabar Gembira, Wakil Gubernur Jawa Barat Sebut Kuota Jemaah Haji di Tahun Depan Sudah Normal

Meski begitu, Uu mendapatkan informasi bahwa kuota jemaah Haji di tahun depan hampir dipastikan kembali normal seperti sedia kala,

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
Twitter Haj Ministry
Keterangan foto: (Ilustrasi) haji, umrah --- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyatakan pihaknya pada tahun 2022 ini hanya diperbolehkan untuk memberangkatkan 35 persen jemaah haji dari total kuota yang biasanya diberlakukan. 

TRIBUNBEKASI.COM, CIKARANG --- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyatakan pihaknya pada tahun 2022 ini hanya diperbolehkan untuk memberangkatkan 35 persen jemaah haji dari total kuota yang biasanya diberlakukan.

"Untuk haji sudah selesai di Jabar, tinggal pemberangkatan, tapi kuotanya masih belum sesuai harapan. Hanya 35 persen, biasanya 40.000 jemaah," kata Uu saat ditemui di Komplek Pemkab Bekasi, Senin (23/5/2022).

Uu meminta maaf kepada calon jemaah haji 2020 apabila kembali tak bisa diberangkatkan di tahun ini lantaran masih terdapat pembatasan dari otoritas Arab Saudi.

Baca juga: Ada 103 Calon Jemaah Haji asal Karawang Gagal Berangkat ke Tanah Suci karena Terbentur Aturan Usia

Baca juga: Menteri Agama Ingatkan Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah untuk Tetap Perhatikan Aspek Penting Ini

"Cuma sekarang mohon maaf kepada masyarakat yang belum bisa terbawa hari ini karena satu dan lain hal," ucapnya.

Meski begitu, Uu mendapatkan informasi bahwa kuota jemaah Haji di tahun depan hampir dipastikan kembali normal seperti sedia kala, bahkan kemungkinan ditambah.

"Mudah-mudahan tahun depan 2023 bisa 100 persen ditambah kelebihannya," tutur Uu.

BERITA VIDEO : HABIS VAKSIN DI POLRES DAPAT HADIAH UMROH

Sebelumnya, diketahui provinsi Jawa Barat mendapatkan kuota haji tahun 2022 terbanyak dibanding provinsi lainnya yaitu 17.679 orang.

Sedangkan total kuota haji Indonesia untuk tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi berjumlah 100.051 orang yang terdiri atas 92.825 orang haji reguler dan 7.226 orang haji khusus. 

Tiga penyebab kematian tertinggi intai jemaah haji

Jemaah haji Indonesia akan kembali ke Tanah Suci pada masa Ibadah Haji 1443H, setelah Pemerintah Arab Saudi membuka kembali Ibadah Haji bagi jemaah internasional.

Untuk tahun ini Indonesia mendapat kuota 100.051 jemaah, yang terdiri dari 92.825 jemaah haji reguler, 7.226 jemaah haji khusus, dan 1.901 petugas haji.

Gelombang pertama jemaah haji Indonesia akan berangkat mulai 4 Juni 2022, dari sejumlah embarkasi di Tanah Air ke Madinah.

Banyak hal yang harus dipersiapkan dalam pelaksanaan Ibadah Haji setiap tahun. Bukan hanya soal konsumsi dan akomodasi melainkan juga soal kesehatan jemaah.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved