Komunitas Bekasi

Cara Menangkap Ular Panjang 5 Meter, Efektifkah Pakai Garam? Berikut Tips dari Sahabat Reptil Bekasi

SRB kerap memberi pemahaman kepada warga, bagaimana jika hewan reptil masuk ke permukiman serta cara penanganan jika tergigit.

Penulis: Yolanda Putri Dewanti | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
Komunitas Sahabat Reptil Bekasi yang berada di Jalan Sawo Raya, Kranggan, Jatisampurna, Bekasi Selatan, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022). (Foto: Yolanda Putri Dewanti). 

TRIBUNBEKASI.COM, JATISAMPURNA --- Saat menemukan hewan reptil seperti ular, biawak, dan lainnya, terkadang tak sedikit masyarakat yang bingung bahkan sampai ketakutan.

Jalan pintas yang dilakukan biasanya warga memilih untuk membunuh hewan yang dianggap berbahaya itu.

Tindakan itu terjadi secara spontan karena minimnya pemahaman dan penanganan hewan melata ini.

Caption: Komunitas Sahabat Reptil Bekasi yang berada di Jalan Sawo Raya, Kranggan, Jatisampurna, Bekasi Selatan, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022). (Foto: Yolanda Putri Dewanti).
Caption: Komunitas Sahabat Reptil Bekasi yang berada di Jalan Sawo Raya, Kranggan, Jatisampurna, Bekasi Selatan, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022). (Foto: Yolanda Putri Dewanti). (Wartakotalive.com)

 

Berangkat dari hal tersebut, mendorong terbentuknya Komunitas Sahabat Reptil Bekasi (SRB).

Fokus mereka di bidang edukasi, evakuasi, dan konservasi seputar hewan reptil.

Wartakotalive.com menyambangi salah satu markas komunitas SRB yang berada di Jalan Sawo Raya, Kranggan, Jatisampurna, Bekasi Selatan, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Emak-emak di Bekasi Histeris Saat Benerin Mesin Air, Ternyata Ada Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter

Baca juga: Bagaimana Cara Menangkap Ular yang Mudah? Berikut Tips dari Ketua Komunitas Ciliwung Depok

Di markas tersebut, terdapat ular phyton, biawak, dan juga iguana. Ular phyton yang memiliki panjang enam meter dan bobot 50 kilogram ini diletakkan di sebuah kadang yang tak terlalu besar.

Sedangkan di samping kandang ular tersebut, terdapat biawak jantan dan betina yang juga bersebelahan dengan kandang iguana.

Riyan Nurhayadi (29), selaku anggota SRB mengatakan komunitas ini sudah banyak melakukan evakuasi hewan reptil yang berada di permukiman warga Bekasi.

Halaman
1234
Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved