Berita Nasional

Sambangi Desa Wisata Perlang, Menparekraf Sandiaga Ikut Kirab dan Bawa Tudung Saji

Desa Wisata Perlang terkenal sebagai kawasan pertambangan yang kini menjadi desa wisata rintisan dengan mengedapankan konsep Moslem Friendly Tourism

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno disambut prosesi adat, Nganggung Dulang, saat menyambangi Desa Perlang di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, baru-baru ini. 

TRIBUNBEKASI.COM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyambangi Desa Wisata Perlang yang berada di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, baru-baru ini.

Kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno tersebut terkait kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa Wisata Perlang masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik.

Kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno bersama rombongan di lokasi tersebut disambut dengan hangat melalui prosesi adat, Nganggung Dulang.

Itu merupakan sebuah tradisi seperti kirab di mana masyarakat beramai-ramai membawa tudung saji berisikan makanan dan berakhir di suatu tempat untuk makan besar bersama-sama. 

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga Uno dan rombongan juga sempat menuju Danau Pading.

Baca juga: Rektor Unila Terjaring OTT KPK, Ditahan di Rutan Gedung Merah Putih Selama 20 Hari Ke Depan

Baca juga: Terjaring OTT KPK, Rektor Unila Patok Tarif Rp100 Juta Hingga Rp350 Juta ke Ortu Calon Mahasiswa

Danau Pading merupakan salah satu daya tarik wisata buatan di Desa Wisata Perlang dan terkenal akan keindahan airnya yang berwarna biru dari hasil memanfaatkan lahan bekas tambang timah oleh para pemuda setempat.

”Saya bangga karena adik-adik di sini mampu mengangkat semangat pascatambang, yang dulu pascatambang dianggap musibah sekarang menjadi berkah,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, dalam pernyataan resminya.

Hal senada diungkapkan Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin.

”Saya ingin mengapresiasi warga di sini yang antusiasmenya luar biasa. Seperti kata Mas Menteri mengubah masalah menjadi peluang, itulah yang saya harapkan dari anak-anak muda, masa depan kita tergantung anak-anak muda ini,” jelas Ridwan Djamaluddin.

Desa Perlang masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam ADWI 2022. Mereka telah melalui proses uji standar penilaian tim juri yang terdiri dari tujuh kategori.

Baca juga: Terjaring OTT KPK dalam Kasus Suap, Rektor Unila Dibantu Dosen, Dekan, Hingga Ketua Senat

Baca juga: Lowongan Kerja Bekasi: PT Honda Prospect Motor Buka Lowongan Staf, Ini Posisi dan Kualifikasinya

Mereka nantinya akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf, yakni Astra.

Desa Wisata Perlang terkenal sebagai kawasan pertambangan yang kini menjadi desa wisata rintisan dengan mengedapankan konsep Moslem Friendly Tourism dan menjadi destinasi wisata halal pertama di Bangka Belitung.

Untuk menuju Desa Wisata Perlang menempuh jarak 73 kilometer atau 1 Jam 30 menit dari bandara Depati Amir, Bangka.

Selain Bukit Pading, desa tersebut juga memiliki air Terjun Sadap. Itu merupakan destinasi wisata alam yang masih terhubung dengan Bukit Pading.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved