Berita Bekasi

Wilayah Kampung Gabus di Tambun Utara Turut Terdampak Banjir Kiriman, Ketinggian Air Capai 1,5 meter

Kampung Gabus, Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, turut menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Bekasi yang terdampak banjir kiriman.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Panji Baskhara
TribunBekasi.com/Rangga Baskoro
Kampung Gabus, Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, turut menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Bekasi yang terdampak banjir kiriman, Sabtu (30/10/2021). 

TRIBUNBEKASI.COM, TAMBUN UTARA - Tidak hanya di sejumlah wilayah Kota Bekasi saja yang terdampak banjir kiriman.

Kampung Gabus, Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, turut menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Bekasi yang terdampak banjir kiriman.

Meningkatnya tinggi muka air (TMA) aliran Sungai Cileungsi-Cikeas, Sabtu (30/10/2021) malam, menjadi penyebab wilayah Kota Bekasi dan Tambun Utara ini terdampak banjir kiriman.

TMA aliran Sungai Cileungsi-Cikeas meningkat membuat aliran Kali Bekasi meluap hingga merendam pemukiman warga.

Baca juga: Kota Bekasi Kena Banjir Kiriman Lagi, Berikut Ini Daftar Wilayah yang Terdampak

Baca juga: RE Menjawab: Banjir Terjadi karena Banyak Sungai-sungai Diperkecil Warga

Baca juga: Antisipasi Genangan dan Banjir, Petugas Mulai Menguras dan Membersihkan Tali Air di Sejumlah Wilayah

Wawan Gunawan sebagai Ketua RT 01 RW 001 Desa Sriamur membenarkan kejadian ini.

Ia menjelaskan, banjir setinggi 150 cm, sempat merendam 15 rumah warga yang tinggal di dekat aliran Kali Bekasi, Minggu (31/10/2021) dini hari tadi.

"Air naik itu jam 1 malam, kemudian jam 2 puncak-puncaknya. Ada 15 KK yang kena banjir," ujarnya Wawan saat dikonfirmasi.

Wawan menjelaskan, genangan yang cukup lama surut menyebabkan warga harus mengungsi di rumah tetangga maupun sekolah-sekolah.

Selain akibat banjir kiriman, hujan deras yang melanda kawasan Tambun Utara sejak Sabtu (30/10/2021) sore, juga jadi salah satu faktor air lambat turun.

"Memang hujan deras dari sore sampai malam, terus mati lampu juga. Kemudian pas air naik, warga pada evakuasi barang-barang dulu. Kemudian mereka saya arahkan buat ngungsi," ungkapnya.

Wawan mengkhawartirkan banjir susulan kembali merendam permukiman warga.

Oleh sebab itu, dia berharap Pemerintah Kabupaten Bekasi sediakan posko evakuasi bagi warga yang terdampak banjir.

Kampung Gabus, Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, turut menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Bekasi yang terdampak banjir kiriman, Sabtu (30/10/2021).
Kampung Gabus, Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, turut menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Bekasi yang terdampak banjir kiriman, Sabtu (30/10/2021). (TribunBekasi.com/Rangga Baskoro)

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln menjelaskan banjir di Kampung Gabus baru surut pada pukul 11.00 WIB.

"Hujan deras di wilayah hulu mengakibatkan meluapnya Kali Bekasi. Banjir baru surut jam 11 tadi. Tim kami telah melakukan pendataan"

Halaman
123

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved