Berita Karawang

Tekan Inflasi Usai Harga BBM Naik, Pemkab Karawang Manfaatkan Lahan Kosong Buat Ketahanan Pangan

Lahan tidur itu akan ditanam tanaman seperti cabai, kangkung, bawang. Maupun dibangun kolam ikan seperti lele.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com
Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat bakal memanfaatkan lahan kosong atau lahan tidur untuk ketahanan pangan.

Pemanfaatan lahan tidur itu juga sebagai upaya menekan inflasi yang terjadi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Kita beberapa waktu lalu dengan Muspida sudah menerima arahan dari Pak Mendagri, para menteri, kapolri dan sebagainya. Jadi ini memang hal yang harus disikapi secara serius oleh Kabupaten Karawang. Sehingga nanti harus ada beberapa hal yang harus disikapi terkait masalah target sasaran," kata Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, pada Selasa (13/9/2022).

Dia menjelaskan, lahan tidur itu akan ditanam tanaman seperti cabai, kangkung, bawang. Maupun dibangun kolam ikan seperti lele.

"Sehingga mudah sedikit di Karawang bisa membantu menekan inflasi dan juga tetap bisa kita jamin kesejahteraannya. Minimal kita bisa memiliki harapan hidup sehari-hari," ungkap dia.

Baca juga: Ratusan Sekolah Rusak di Karawang, Anggota DPR Minta Pemda Kreatif Cari Terobosan Atasi Perbaikan

Baca juga: Musim Hujan Diprediksi Datang Lebih Awal, BPBD Kabupaten Bekasi Imbau Masyarakat Waspada 

Baca juga: Naik Rp 3.000 Per Gram, Segini Harga Emas Batangan Antam di Bekasi Hari Selasa Ini, Simak Rinciannya

Dalam mewujudkan itu, kata Cellica, jangka pendeknya akan melakukan subkoordinasi dengan semua lintas organisasi perangkat daerah (OPD).

Dalam pembahasan itu dilakukan langkah-langkah mulai dari pendataan lahan kosong atai tidur yang bisa dimanfaatkannya. Hingga berkoordinasi dengan para perangkat kecamatan hingga desa.

"Di Karawang ada sekitar ribuan hektare lahan tidur itu. Makanya itu bisa dimanfaatkan bagi ketahanan pangan,"katanya.

Selain di lahan tidur, Cellica, menambahkan masyarakat juga bisa memanfaatkan lahan kosong di perkarangan rumah maupun di lingkungan permukimannya.

Nantinya, Pemkab Karawang bakal memberikan bibit tanaman, maupun bibit ikan kepada warga.

"Kami komunikasikan dengan pihak ketiga, ataupun Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk bekerjasama di Karawang terkait ketahanan pangan itu," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved