Berita Nasional

Kejar Target Penyaluran BLT BBM 2 Minggu, Ini yang Dilakukan Pos Indonesia 

BLT BBM akan diberikan selama empat bulan senilai Rp150 ribu per bulan. Tahap awal dibayarkan sekaligus untuk dua bulan sebesar Rp300 ribu.

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Presiden Joko Widodo saat menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) beberapa waktu lalu. 

TRIBUNBEKASI.COM — PT Pos Indonesia (Persero) ditunjuk pemerintah menyalurkan BLT BBM kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia dalam waktu dua minggu.

Berkomitmen menyelesaikan penyaluran sesuai tenggat, Pos Indonesia menerapkan sejumlah strategi.

"Target waktu cukup singkat, dua minggu. Kami harapkan akan selesai sebelum dua minggu. Data penerima yang sudah diterima dari Kementerian Sosial (Kemensos) sebanyak 18,8 juta KPM," kata Direktur Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Tonggo Marbun, dalam pernyataan resminya, Rabu (14/9/2022). 

BLT BBM akan diberikan selama empat bulan senilai Rp150 ribu per bulan. Tahap awal dibayarkan sekaligus untuk dua bulan sebesar Rp300 ribu.

Dalam menyalurkan BLT BBM, Pos Indonesia menggunakan tiga metode, yaitu menyalurkan langsung ke rumah KPM yang berusia lanjut, sakit, atau penyandang disabilitas; disalurkan melalui kantor pos; dan penyaluran melalui komunitas.

Baca juga: Lowongan Kerja Bekasi: PT Unifoods Indonesia Tawarkan Posisi Teknisi AC/Pendingin, Cek Syaratnya

Baca juga: Demo Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM Kembali Berlanjut di Depan Pemkot Bekasi

Saat ini, Pos Indonesia memiliki 4.308 kantor pos yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Meski memiliki jaringan luas, Pos Indonesia tetap menyiapkan rencana cadangan jika ternyata KPM yang datang ke kantor pos membeludak.

"Untuk provinsi yang jumlah KPM besar seperti Jawa dan Sumatera, kita akan menambah titik bayar jika di kantor pos tidak cukup menampung KPM. Bila SDM tidak cukup untuk melakukan penyaluran, maka kita akan berkoordinasi dengan kemitraan untuk membantu. Misalnya, mahasiswa, karang taruna, atau pemuda. Kita juga akan menambah jam layanan hingga malam dan tetap beroperasi pada hari libur," kata Tonggo.

Mengenai penyaluran BLT BBM di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar), Tonggo menyebutkan telah mempersiapkan strategi khusus.

Jadwal penyaluran di daerah 3T dipersiapkan lebih awal untuk mencegah keterlambatan BLT BBM tiba di tangan KPM.

Baca juga: Bikin Puluhan Warga Keracunan, Polisi Periksa PT Pindo Deli 2 Terkait Kebocoran Gas Klorin

Baca juga: Polisi Selidiki Aksi Tawuran Remaja Bawa Sajam di Mustikajaya Bekasi

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved