Berita Karawang

Anggota DPRD Karawang Soroti TPAS Jalupang Overload dan Sampah Berserakan Hingga ke Pinggir Jalan

Keberadaan bank sampah dapat mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPAS, sehingga sampah di TPAS Jalupang tidak akan terlalu banyak seperti saat ini.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang menyoroti Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Jalupang, di Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru yang kondisinya overload 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang menyoroti Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Jalupang, di Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru yang kondisinya overload.

Tak hanya itu, masyarakat sekitar khususnya para petani mengeluh, dimana kondisi jalan di sekitar TPAS Jalupang banyak berserakan sampah yang berdampak kepada area pesawahan.

"Saya sudah cek langsung ke lokasi, memang kondisinya sangat memprihatinkan dan miris ya. Harus ada segera upaya-upaya dilakukan selain upaya perluasan lahan," kata Mahpudin anggota DPRD Karawang pada Selasa (29/11/2022).

Mahpudin yang juga Ketua Pansus Raperda Bank Sampah DPRD Kabupaten Karawang, mengungkapkan selain perluasan lahan, upaya pengurangan sampah di TPAS Jalupang itu juga perlu dilakukan.

Salah satunya dengan memperbanyak bank sampah, di setiap lingkungan.

BERITA VIDEO: ATASI KELEBIHAN KAPASITAS TPA BURANGKENG, RATUSAN PELAJAR KABUPATEN BEKASI SUMBANG SAMPAH DAUR ULANG

"Miris dan sedih melihat kondisi ini (TPAS Jalupang). Sudah seharusnya kita semua segera mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPAS, salah satunya dengan membentuk bank sampah di setiap desa serta mengoptimalkan fungsi bank sampah,” ujarnya.

Politisi Partai Demokrat ini merasa miris melihat kondisi TPAS Jalupang yang sudah over load. Bahkan perluasan lahan TPAS beberapa waktu lalu belum cukup untuk menjadi solusi.

Baca juga: Tolak Kenaikan UMP 2023 DKI, Partai Buruh Gugat ke PTUN, Pj Gubernur DKI: Itu Hak Mereka

Baca juga: Asklin Karawang dan CSG Peduli Salurkan Bantuan Korban Gempa di Pelosok Cianjur

Maka itu, keberadaan bank sampah dapat mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPAS, sehingga sampah di TPAS Jalupang tidak akan terlalu banyak seperti saat ini.

“Penanganan persoalan sampah di Karawang sudah tidak bisa hanya dilakukan di hilir (TPAS) saja, tapi juga harus mulai daru hulu (lingkungan masyarakat). Yang mana salah satunya melalui bank sampah yang dapat melakukan 3R (Reuse, Reduce, Recycle), sehingga tidak semua sampah yang ada di lingkungan masyarakat masuk ke TPAS,” papar dia.

Bank Sampah

Sebelumnya diberitakan bahwa Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat mencanangkan setiap desa memiliki bank sampah.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karawang Guruh Sapta, saat dikonfirmasi pada Kamis (24/11/2022).

Guruh Sapta menyampaikan, mengenai Bank sampah sudah ada Surat Edaran (SE) Bupati Nomor 660.1/7687/DLHK/2019 tentang pengelolaan sampah mandiri di desa.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved